Wednesday, November 24, 2010

Me Vs Guru Komputer

Setelah melewati bbrp mata pelajaran di sini, gw ud terbiasa dengerin guru2 nyantet tetangga ngajar. Pas dia jelasin, kepala gw ud terlatih buat ngangguk2. Pas ditanya, "Ngerti ga?" Kepala gw jg ud terlatih buat geleng2. Dan si guru bakal ngejelasin lagi khusus buat gw, pk bhs inggris ala org taiwan. See? Life is so simple, dude..^^

Dan stelah gw ngelewatin bbrp mata plajaran, ak merasa semua guru menyukai kuuu...^^ Mrk blg gw imut (anak2 taiwan mukanya tua2), gw sopan (ank2 taiwan kurang respek ma guru), dan gw rajin (ank2 taiwan pasti molor begitu masuk kelas).

Sampe akhirnya gw masuk ke plajaran komputer. Yg ad di pikiran gw gurunya pasti baik, pasti bakal maklumin bhs mandarin gw yg blm seberapa jago, n pasti bakal demen ma gw deh...
Bgitu masuk, gw langsung samperin guru komputer cowok yg berbaju ketat (Geli deh ngelihat cowok pk bj ketat).
C : "Pak, saya murid international baru. Tp mandarinku masi ga gt bagus..."
Mr : (Menghelas nafas... Seolah males bgt dpt murid yg ga bs mandarin) "Namanya sapa?"
C : "Hui Ru"
Mr : (kutak katik absensi) "Duduk sana..."
C : (komat kamit dlm ati : bangsat, bangsat, bangsat... setan, setan, setan...!!!)

Pelajaranya pun dimulai. Spt biasa, gw ga ngerti apa2. Spt biasa guru bertanya, "Ngerti ga?" Spt biasa gw malah dugem geleng kapala. Gurunya langsung helah nafas lg n ngeliatin gw, matanya seolah bilang gw ngerepotin. Trus dia ngelihat komputer skolah yg lg gw pake udah gw ubah jd bhs inggris, dan muka nya makin nyenepin lagi.
Mr : "Trus km klo di plajaran lain kayak gmn?"
C : "Ya belajar biasa. Tp abs plajaran gurunya cari aku n jelasin ke ak pk bhs inggris."
Mr : "Klo km pk bhs inggris terus, km ga bakal bs kemajuan. Klo km mau blajar bhs inggris, belajar di Bali aja. Ga udah jauh2 ke sini.."
CUKUUP!!! Gw ga tahan lg. Dengan tatap mata menghina dia gw blg, "Pak guru ad masalah ap sih...? Pak guru ga bs bahasa inggris ya?"
Semua murid langsung ngelihatin gw n mulut mereka menganga. Gw jg kaget pas suasana kls tb2 hening n semua mata ngelihatin gw. Duh, maap deh... Kebiasaan berantem ma guru pas SMA masi lengket nih..
Lanjut, si guru langsung keluarin bahasa inggris lidah cina, "Ai khen spik ingkelishi. Ai khen antersten (understand). Ai hev stati (study) in US for 3 yiirs (years)..."
Tetep lanjut dgn tatapan mata sinis gw bilang, "Terus knp kewalahan ngadepin aku? Baru kali ini dpt murid international ya?"
Mr : "Ya... Gimana ya... Soalnya ank2 international yg prnah gw ajar tuh ank malaysia. Dan mandarinnya mereka bagus2." (Dr kata2nya ge nangkep dgn kata lain dia blg br kali ini bpt murid yg mandarinnya jelek!)
C : ........... (dlm hati : "sialan, sialan, sialan, sialan, sialan....!!!")

Selesai dr kelasnya dia, gw langsung pergi ke kantor murid international. Gw ngelapor ke guru pengurus gue (setiap murid international guru pengurus nya beda2). Guru gue blg, "Hah?! Km mana bolah ngomong gt ma guru..."
C : "Dia yg ga sopan ke aku duluan! Pokoknya aku ga mau tau! Ak mau pindah kelas!"
Seluruh staff denger percakapan gw n guru gw, n mereka ga demen ma sikap gw. Gw ga perduli lg deh...
Guru pengurus : "Km sabar dulu... Biar ak urus semuanya."

Minggu berikutnya, gw masuk kelas komputer kepagian 5 menit. Murid2 blom semuanya dtg. Murid TW kan pada males, jd mereka rata2 pada telat setengah jam.
Kelas masi sepi bgt, n tu guru nyamperin gw. Tatapan matanya kali ni lbh friendly. N tiba2 dia nanya yg sok care gitu. "Gmn ma pelajaran2nya? Gmn ma makanan2 di sini? Udah terbiasa blm? Pas saya ke US jg saya sama ma km, ga bs bahasanya.. Jd km hrs kuat ya... Saya ngerti kok km ga gampang buat skolah di sini. klo ad masalah apa2, tlp saya aja... Ato kirim SMS ke 098xxxxx SMS yg km dapet, langsung dari HP ku lhoo.."

ROUND 1, CHARLOTTE WINS...!!! ^0^

Tuesday, November 23, 2010

Peeers dey skul...

Bangun jam 7 pagi. Beres2 (mandi, gosok gigi, berak, cebok, pake lotion, pake pelembab muka, gambar alis, pake hot pants, pake t-shirt v-neck, pake bando pink berbulu yg imut2, pake tas ripcurl,,,) Krn ini hr pertama skolah, jd gw hrs tampil perfect n menawan... Biasanya mah gw ga mandi n gosok gigi...
Terus tb2 HP gue berdering. gw langsung terkap tu HP, berharap ayah tercinta yg nelpon. Tp ternyata...
Mr. X : "Wei, hui ru, wo shi zheng laoshi. Ni jin tian 10 dian 5 fen shang she ying ke. Zai DC 304."
Artinya : "Helo, HuiRu, saya Mr. Zheng. Km hr ni jam 10.05 masuk ke plajaran kamera. Kelasnya di DC 304."
C : "OK. Hao de... Xie xie laoshi dan xin wo. Ma fan ni le... " (okeh2 aja biar cpt beres)
Artinya : "OK. Sip... Trims ya pak guru ud kuatirin aku. Ngerepotin deh gue ..."
Setelah basa basi busuk bbrp menit, akhirnya percakapan di tlp pun berakhir.

Gw keluar asrama, jalan kaki selama 10 menit, n akhirnya sampe juga di 7-eleven (udah dijelasin di blog yg ptama kali yaaa...^^). Makan di situ, sarapan. Tp semua makanan TW aromanya begitu semua! Sejak 3 hr yg lalu nyium bau makanan yg sama semua, bikin enek! Akhirnya mata gw langsung ijo begitu ngelihat duit spageti. "Wah! Makanan bule!", pikir gue... Langsung beli, n langsung makan di tmpt.

Sambil makan, gw sambil celingak celinguk ngelihatin org2 di sekitar. Krn di Bali gw kebiasaan klo mata gw n mata org bertemu pandang walo ga kenal gw nyengir, di sini jg gw gitu. N hasilnya, org yg gw nyengirin langsung buang muka dgn nyebelinnya. Langsung aja itu org gw bacok...! (Pinginnya siiih... Tapi ya ga bs.. Lupa bawa parang..) Grrrrrrrr!!!!

Ada bbrp ekor anjing berkeliaran di skitar kampus. Seekor anjing yg warna item ngelihatin gue terus dgn tatapan ramahnya. Gw mikir, "Wah, anjing lbh ramah dr pd org2 di sini!" Itu anjing ngelihatin gw, trus dia samperin gue, terus kedua kaki depannya naik ke atas meja makan gue, dan dia ambil makanan gue... Ramah banget kan...^^
HAH?! TIDAAAAAAAAK!!!
MAKANAN GUEEE!!! 60 DOLLAR!! 18.000 RUPIAH!!! DUIT ITUUUU!!!!
Tp krn tu mulut anjing ud terlanjur masuk ke mangkok makanan gw n ngoyak2 sesukanya, gw jd geli, jd ga napsu lg. Akhirnya gw yg kabur. Anjingnya kelaparan... Kasian... Tp ya nyebelin juga!

Jam masuk ke kelas pun datang. Gw ga tau gedung DC tuh di mana. Akhirnya gw tanya2 ma ank2 kampus yg ada. Entah knp, secara insting n naluri alami, gw nanya nya ke koko2 yg berwajah oke. Minimal yg mirip Huacelei nya F4 lah yaaa... Wkwkwkwk..

Biar ga ribet, langsung gw jadiin bhs indo aja ya, percakapannya...
C : "Ko, gedung DC di mana ya...?"
Koko : "Di sebelah 7-eleven.."
C : "Oh, oke... Makasih ya,,,,"
Koko : "Eh, tunggu... Dr cara km ngomong, km bukan org sini, ya...?"
C : "Iy, ak org indonesia. Hehe.."
Koko  : "Ooh.. Pantes... Km umur brp?"
C : "18 thn..."
Koko : "Ih? Kok imut ya...?"
C : "Ah, nggak ah... Biasa ajah... Tp klo dibandingin org2 sini sih ak emg lbh imut jauh. Sebenernya udah banyak yg bilang aku imut sih ko... Jd klo koko blg ak imut ya ak udah biasa. Udah ga kaget lagi. Udah bosen malahan. Ga bs muji yg lbh bagus lagi apa...? Misalnya bilang ak cantik lbh cantik dr pada Paris Hilton, ato sapalah gitu... Ak ga mungkin salah tingkah deh..." (sambil komat kamit ngomong, sambil nyubit-nyubit ujung kaos)

Tapi bohong! XD

Cerita sebenernya...

C : "Ko, gedung DC di mana ya...?"
Koko : "Di sebelah 7-eleven.."
C : "Oh, oke... Makasih ya,,,,"
Lalu kami pun berlalu begitu saja. Sambil jalan gw gedeg n mikir, "Si koko jahat! Ngajak ngobrol yg lamaan kek!!! Grrrrrrrr...."

Masuk ke kelas kamera, gurunya komat kamit nyantet tetangga ngajar pelajaran, gw terus menyimak dengan seksama. Bahkan gw duduk di posisi paling depan, di depan meja guru. Soalnya kan pelajaran pertama sbg anak kuliahan nih... Jd gw semangat 45 laaah... Hohoho...!
Seorang tmn malaysia gw yg bernama HunHun (hun hun = mabok) nyentuh2 bahu gw dr belakang n tanya, "Km ngerti pelajarannya gak?"
C : "Nggak..."
H : "Kalo ga ngerti, km boleh tidur..."
Hah?! Ap ga salah denger?! Terus gw melayangkan pandangan ke tmn2 sekelas. Dan gw menemukan 30% dr mereka lg ga bernyawa. Arwahnya jalan2 ke Hawaii, Bali, Alaska, dll...
Tp gw ngerasa kasian ma gurunya. Kyk ga dihargai gt... Jd gw terus menyimak dgn baik. (Padahal ttp nyimak gara2 ngarep gurunya bakal ks nilai lebih buat ank rajin).
Tp ternyata, TIDAK ada penilaian sikap!!! Grrrrr!!! Laen kali gw bobo aj dah...

Sunday, November 21, 2010

Hari ke-2 di Negeri Orang

Yup, ini hr ke-2 gw di negeri orang. (biasanya di negeri dewa...) Dan ini hr pertama gw memasuki hr Sabtu alias hr libur sekolah di Taiwan. Otomatis kampus sepi, ga rame kayak kmrn.

Jam 5 pagi gw bangun, krn bobo ga tenang. Scara ini kamar baru, jd ngerasa asing. Bangun tidur gw langsung beres2in barang2 dr koper gw yg segede kandang gajah, ke lemari baru gw yg segede kandang onta (jd inget panggilan gw semasa SMA... T^T). Lemari asrama emang rada kecil gt deh... Jd mau taruh barang ga bs banyak2 amat. Lanjut, gw beres2 data dr USB ke laptop baru. Katak kitik ketek, ga terasa udah jam 7 pagi. Nganggur... Ga ad kerjaan... Gw kebalkon, lihat pemandangan lingkungan sekolah. Kok sepi...? 1 orang pun ga kelihatan. Sepiiiii bgt. Serasa lg di kota mati. Akhirnya gw pake jakt n pergi jogging di lapangan lari kampus yg letaknya di depan asrama gw.
45 menit berlalu n gw udah bermandikan keringat. (PS: Cm mau ks tau aje, gw ngerasa lbh cakep pas lg keringetan. Kesannya keren gimanaaaa gitu...^^) Gw balik ke asrama, tunggu keringet kering, n lanjut mandi. Selesai mandi, perut gw berasa aneh... Ternyata cacing-cacing di perut lg sibuk demo minta makan. Suaranya keras bgt, "Krooocoook... Kreaaaakk.. Kriiuuuukkk..."

Gw ambil dompet, HP, n tas terus gw pergi ke 7-eleven (di sini 7-eleven tuh kayak Circle K di indo. Sebenernya 24 jam buka, tp yg di dlm kampus ga 24 jam). Sialnya, 7-11 tutup. Udah jam setengah 9 ms belom buka?! Ga mungkin! Berarti dia ga buka di hari Sabtu.

Utk isi waktun skalian ngalihin perhatian dr perut yg lapar, gw pergi ke perpus kampus yg blm pernah gw datengin. Perpusnya gede, berkesan mewah n elegan. Eh, ternyata perpus nya tutup juga. Bener2 ga ad yg idup di sini ya!?


Gue celingak celinguk, satu orang pun ga ada. Gw mikir, "Udah jam stengah 9 sama ga ad org sama sekali? Ato jangan2 ga ad yg dtg ke skul pas libur? Ato ank2 asrama juga pada tinggal di luar asrama pas libur? Ato... ato... ato... ehmm...."
Tb2 gw keinget film "I'm Legend" yg dimainin ma Will Smith, krn kondisinya si Will ma gw sama persis! Sendirian di kota! Pikiran gw berubah, "Astaga! Jangan2 semua org udah jd zombie! Nanti malem mrk bakal gigit gw, terus gw jd zombie, trus gw ga cantik lg, terus fans gw ilang, trus ga bs narsis lg, terus... terus... terus.. TIDAAAAAAAK!!!"
Mau tlp bokap tp ga tau nomor baru nya bokap brp. Lupa nyimpen.
Gw kelaparan n ketakutan... Ga tahan lg, akhirnya gw nangis deh.... Aiiiish nyebelin...

Ga lama kmudian ada 1 koko-koko lewat! Ada manusiaaaa!!!
Gw langsung lari samperin, trus dgn muka yg merah abis mewek n sambil sedot2 ingus, gw pk mandarin tanya, "Ko, kok di sini ga ad org 1 pun? Kok cm ak yg ada di sini?"
Si koko: "Ank2 taiwan yg tinggal di asrama tiap hr libur pulang ke rmh masing2."
Gue : "Terus, kok 7-11 ga buka? Ak mau beli makanan di mana donk?" (masi sedot ingus)
Si koko: "Ntar juga buka. Skitar jam 9 lebih. Tp ga tau juga pastinya jam brp. Km tanya org lain aja gih.."
Gue : (Ini org tega amat! Ga punya perasaan!) "Di mana ad org lagi?"
Si bedebah koko: "Tuh di (bla bla bla bla bla....)"
Gue : Oke.. Thx...
Abs tu dia langsung pergi gitu aja....! Beneran pergi!! Bener2 tega...!! Ga punya perasaan!! Cowok2 Indonesia is the best dah! Cwok Indonesia mah slalu siap membantu siapa saja, kapan saja, n dimana saja! Cwok2 Indo mah selalu ngutamain n hormatin cewek, apa lg cewek imut kyk gue!!!
Grrrrrrr!!! Gedeggggg!!!!

Journey to the Taiwan

Heiho, heiho, heiho....^^
Dis is de opening of maii blok!

Setelah ngerepotin sohib tersayang gue, si devlin, yg punya blog www.zogbandit.blogger.com (promosiin dia dikit sbg tanda trimakasih), akhirnya ini blog lahir juga...^^ Soalnya di Taiwan nih google nya pake huruf salah cetak semua (han zi). Setelah kutak-katik ratusan kali, br deh gue bs ketemu kulisan bahasa inggis yg bs gue baca: "translate". Wuiiih... Baru ngerasain yg namanya nemenukan setitik cahaya dlm kegelapan...

Okeh, okeh... Sekarang kita mulai masuk ke inti pembahasan. Kita mulai cerita gue dari taruh kaki di Erpot Airport. Gue bakal pergi ke TW ma bokap. Dan yang ikut ke Airport buat nganter ad tmn2 bokap rameeee bgt... Ada 7 org tmn bokap, ada nyokap gue, cece gue, n adek gue. Duh, terharu...

Krn di otak gue penuh a duit, duit, n duit, jd bgitu di airport gw mikir, "Ntar gw bakal pake duit TW. Wah, 150.000 di dompet gw bakal ga kpake..." So, gw pergi ke Circle K airport n beli popcorn yg mahal. Tp gw ga ad wkt buat makan n abisin popcorn tu. Akhirnya gw ks k adek bedebah tercinta. Rada ga rela... Duit ituuu!!! Tp ga ap lah... Hitung2 praktekin dharma, biar ga percuma ke vihara... Hohoho... ^o^

Menuju ke detik2 keberangkatan, gw pingin nangis. Tp gengsi. Secara cece gue paling demen ngeledekin org yg lg merana (terutama gue!!!). Diawali dgn salam2an ma tmn2 bokap yg udah berbaris, trus diakhiri dgn pelukan hangat ma mom, cece, n adek. Rasanya ga mau lepasin mereka n ga mau pergi. Tapi ya udah beli tiket mahal! Duit ituuu!!!

Gw n bokap tercinta bobo di pesawat selama 4 jam. Masi pingin bobo, to udah disuruh turun ma pramugarinya. Asem emang... Tp ga ap lah. Ga ngantuk lg kok... Scara gw kegirangan bgt!!! Gw udah di Taiwan ini!!! Taiwan! Taiwaaaaan!!!!

Keluar dr Airport, ada bapak2 bawa papan nama gedeeee bertuliskan "王慧茹". Gw langsung angkat tangan n bilang, "Wo, wo, wo..!! Wo shi hui ru!!". Itu bapak langsung teriak, "Waaa! Ni shi hui ru ma?" Terus skitar 200 org lbih yg berdiri di belakangnya langsung "Aaaaaaaaa.. Wang hui ruuu!! Hui  ruuuu!!!" Mereka rame2 teriakin nama gue kayak penonton konsernya Britney Speeer.
Dlm hati gue, "Astafirulooh... Emg nya gw ngapain aja sampe bs jd artis go international gini? Agnes Mokawin tewas laaa...."

Tapi bo'ong...!
Wakakakaka...!! XD
Ehem, ehem... Cerita sebenernya:
Keluar dr Airport, gw n bokap celingak celinguk ga jelas kayak anak ilang. "Daddy cari sapa?"
"Cari tmn dad. Namanya..."
"Sunny!!!" tb2 ad dua org cwek teriak n manggil bokap gw. Lalu mereka bersalaman n bercakap2 dlm bahasa dewa mandarin yg cm bs dingertiin ma malaikat gue dikit...
Mereka berdua anter gw n bokap dr airport ke kampus gw yg letakny di pelosok pedesaan. Journey to the kampus sekitar 5 jam. Capek, ngantuk... Mau bobo tp ya ga enak hati ma tmn bokap... =.=

Selama perjalanan gw ditelpon terus ma office kampus. Mereka kuatir gue nyasar. Secara klo gw kenapa2 kan mereka ga dpt duit. Jd dengan kata lain mereka kuatir duit nya nyasar!
Bgitu sampe ke kampus, kalimat pertama yg gw ucapin dlm hati, "Waaaaah... Kampusnya gede amaat!"
Rapih, bersih, besar, n udaranya sejuk. Mendung mulu... Jauh bgt ma Indonesia yg berantakan, jorok, sempit, n sinar matahari nusuk kuliiiit!
Gw langsung masuk ke kantor murid international. Semua staff kantor langsung berwajah ceria begitu ngelihat duitnya gue dateng...
"Ni shi hui ru ma?" tanya seorang ibu2 cina. Artinya, "Km hui ru ya?" (nama cina gue kan Hui Ru)
"Shi..." jawab gw sambil ngangguk.
"Waaaaah... Hen piao liang!" serunya lanjut. Artinye, "Waaaah... Cantik banget!"
Terus satu ibu2 lagi tp lbh muda jauh, dateng n blg, "Ni hen ke ai o..." Artinya, "Km imut bgt ya..."
Dan ms banyak pujian lg yg gw terima krn fisik gw yg menawan ini. Ehem, ehem... Udah biasa sih diginiin...
Lanjut, gue n bokap dijelasin soal jurusan gue, asrama, nama2 guru, jadwal pelajaran, jadwal kantin, jadwal bus skolah, n akhirnya DUIT pun dijelasin... Dasar UUD (ujung-ujungnya duit)!

Lanjut, kedua tmn dad yg cantik n baik hati itu nganterin gw n dad ke Carrefour TW buat beli kebutuhan hidup. Lanjut beli laptop. Lanjut cari hotel buat bokap nginep. Beres2nya malem jam 9. Bokap gw kelihatan ud capeeeek bgt... Kasihan... Bikin miris... Terus bgitu gw ditinggal di asrama sendirian, bokap pergi ke hotel nya dia. Sebelum bobo, bokap tlp gw, ngajak ngobrol gw... Soalnya dia takut gw ketakutan di kamar baru n sendirian. Stelah ngobrol bbrp menit, baru deh gw n bokap tepar...

Pembahasan buat hr yg panjang n melelah kan ini, berakhir... To be continued...^^